D3 Gizi

D3 Gizi

AKREDITASI

C

Keilmuan gizi merupakan bagian disiplin ilmu kesehatan berkembang membentuk suatu profesi dengan kompetensi khusus yang berhubungan dengan makanan dan kesehatan. Kompetensi merupakan pengakuan kemampuan kerja untuk menghasilkan suatu produk yang telah dibakukan mutunya. Kompetensi Lulusan Diploma Gizi disusun dan dikembangkan berdasarkan Profil Lulusan.

Profesi ahli gizi diperoleh melalui pendidikan vokasi yang diatur dalam perundangan yang berlaku, dengan syarat mampu menerapkan ilmu pengetahuan khusus bidang gizi dalam praktek secara sistematis, mandiri dan bermitra yang dilakukan atas dasar kaidah dan moral yang tinggi dengan mengutamakan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadinya.

Standar profesi ahli gizi (Diploma gizi) ditingkat nasional dan internasional mengacu pada kebijakan American Dietetic Association (ADA) yaitu Ahli Gizi mempunyai kemampuan khusus sebagai bagian tim kesehatan yang bertanggung jawab terhadap makanan/terapi gizi yang dibutuhkan untuk menangani masalah-masalah kesehatan. Namun demikian ahli gizi profesional memerlukan pendidikan ilmu dan teknologi gizi dengan fokus pada keahlian dibidang kerjanya sehingga dapat memberikan kualitas pelayanan yang prima.

Prodi D3-Gizi Poltekkes TNI AU Adisucjipto bercita-cita menjadikan lulusan sebagai ahli madya gizi yang mampu bersaing secara nasional. Profesional artinya mampu bekerja sesuai kompetensi, prosedur dan bertanggung jawab dalam melayani pasien tanpa membedakan suku, ras, agama, jenis kelamin dan bangsa. Unggul berarti mengikuti perkembangan IPTEK terkini berlandaskan bukti ilmiah terbaru dalam proses belajar maupun bekerja. Inovatif artinya mampu berpikir secara kritis, kreatif dan inovatif serta berdasarkan analisis data yang benar. Mandiri artinya memiliki sikap mental dan disiplin tinggi sehingga mampu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dengan cepat dan tepat.

 

VISI Program Studi Diploma Gizi

Menjadi Program Studi Diploma Tiga Gizi yang berwawasan kesehatan dalam bidang Asuhan Gizi dan Kedirgantaraan pada Tahun 2023.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berwawasan kesehatan dalam bidang asuhan gizi dan penyelenggaraan makanan berorientasi pada Kedirgantaraan.
  2. Mengembangkan penelitian bidang gizi, pangan dan kesehatan melalui kerjasama dan kemitraan dengan institusi terkait.
  3. Mengembangkan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian yang mendukung Asuhan Gizi dan Kedirgantaraan.
  4. Melaksanakan kerja sama lintas sektor untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma.
 

TUJUAN

  1. Menghasilkan Ahli Madya Gizi yang mampu melaksanakan asuhan gizi klinis dan masyarakat sesuai dengan kode etik.
  2. Menghasilkan Ahli Madya Gizi yang terampil dalam melaksanakan penyelenggaraan makanan institusi dan Kedirgantaraan.
  3. Menghasilkan karya- karya ilmiah di bidang gizi, pangan dan kesehatan sesuai dengan permasalahan di masyarakat.
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang gizi, pangan dan kesehatan yang berkesinambungan melalui pemberdayaan dan kermitraan.
  5. Menghasilkan pengabdian masyarakat yang inovatif dan aplikatif di bidang gizi, pangan dan kesehatan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat.
  6. Menghasilkan Ahli Madya Gizi yang mampu berkolaborasi lintas sektor dalam upaya promotif dan preventif di bidang Gizi.

Pelaksana Akademik

  • Ketua        :  Siska, S.Gz., M.Gizi
  • Sekretaris  : Pristina Adi Rachmawati, S.Gz., M.Si

Kurikulum Pendidikan